RESUME PERTEMUAN 7 - JEJARING SOSIAL, KETERTARIKAN DA MATRIK SOSIAL

RESUME PERTEMUAN 7 - JEJARING SOSIAL, KETERTARIKAN DA MATRIK SOSIAL

RESUME PERTEMUAN 7 - JEJARING SOSIAL, KETERTARIKAN DA MATRIK SOSIAL
Jumat, 21 Oktober 2022


 

WEB 2.0 — WEB SOSIAL

  • Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fase evolusi  World Wide Web dengan ciri halaman web dinamis, media sosial,  aplikasi mashup, konektivitas broadband, dan konten buatan pengguna.
  • banyak perusahaan yang telah  memanfaatkan potensi teknologi Web 2.0 dan memunculkan budaya sosial  yang menjadi ciri modern.

 WEB 1.0 vs WEB 2.0



WEB 2.0





MUNCULNYA APLIKASI, JARINGAN, DAN LAYANAN SOSIAL

  • Broadband
  • Model bisnis yang berkelanjutan
  • Teknologi pemrograman web yang baru
  • Application Programming Interface (API)

Media Sosial

WWW sebagai platform layanan dan interaksi sosial
  • Media sosial: kumpulan aplikasi Web  2.0, agar manusia terhubung dan berkolaborasi melalui  konten digital.
  • Rumah berjaringan nirkabel broadband untuk menghubungkan beberapa  perangkat ke Internet dari komputer, tablet, sistem permainan video,  dan perangkat streaming video 
Penggunaan teknologi sosial untuk bisnis

  1. Kolaborasi
  2. Komunikasi dan Keterlibatan dengan Pelanggan (Pemasaran)
  3. Manajemen Citra dan Reputasi (Humas)
  4. Komunikasi dan Keterlibatan dengan Karyawan dan Mitra (Pengelolaan)
  5. Akuisisi dan Perekrutan Bakat (Sumber Daya Manusia)
  6. Riset dan Manajemen Pengetahuan
  7. Produktivitas dan Utilitas Informasi
  8. Penggalangan Dana

Elemen media sosial yang menjadikannya berbeda

  • User-generated content (UGC)
  • Content control
  • Conversation
  • Community (common value, culture)
  • Categorization (tagging)
  • Read people (profiles, username, the human voice vs the corporate “we”)
  • Connections (follower, friends, members, etc.)
  • Constant updating (real time, dynamic)
  • Content separated from form
  • Equipment independence

Social network analysis

adalah pemetaan dan pengukuran hubungan dan yang mengalir antara orang, kelompok, organisasi, komputer, atau informasi lain atau entitas pemrosesan pengetahuan
  • Visual
  • Matematis
  • Semantic web
Komunitas online dapat digunakan sebagai platform untuk :
  • Menjual barang dan jasa
  • Mempromosikan produk kepada calon pelanggan; Misalnya, periklanan
  • Mencari calon pelanggan
  • Membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan
  • Mengidentifikasi persepsi pelanggan dengan "mendengarkan" percakapan
  • Meminta ide untuk produk dan layanan baru dari pelanggan
  • Memberikan layanan dukungan kepada pelanggan dengan menjawab pertanyaan, menyediakan informasi, dan sebagainya
  • Mendorong pelanggan untuk berbagi persepsi positif mereka dengan orang lain; Misalnya, dari mulut ke mulut
  • Mengumpulkan informasi  tentang pesaing dan persepsi pasar pesaing
  • Mengidentifikasi dan berinteraksi dngan calon pemasok, mitra, dan kolaborator

Melibatkan Konsumen Dengan Blog dan Mikroblog

Tujuan Blog
  • untuk membangun  reputasi dan mempromosikan bisnis, atau menyalurkan hobi menulis 
Microblogging  
  • cara berbagi konten dengan orang-orang secara sederhana misalnya: posting pesan. Contoh : Facebook, Twitter, Tumblr dll..
Seorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka di keramaian, walaupun dunia ini luas tapi sendiri lebih nyaman.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel