RESUME PERTEMUAN 7 - JEJARING SOSIAL, KETERTARIKAN DA MATRIK SOSIAL
Jumat, 21 Oktober 2022
Jumat, 21 Oktober 2022
WEB 2.0 — WEB SOSIAL
- Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fase evolusi World Wide Web dengan ciri halaman web dinamis, media sosial, aplikasi mashup, konektivitas broadband, dan konten buatan pengguna.
- banyak perusahaan yang telah memanfaatkan potensi teknologi Web 2.0 dan memunculkan budaya sosial yang menjadi ciri modern.
WEB 1.0 vs WEB 2.0
WEB 2.0
MUNCULNYA APLIKASI, JARINGAN, DAN LAYANAN SOSIAL
- Broadband
- Model bisnis yang berkelanjutan
- Teknologi pemrograman web yang baru
- Application Programming Interface (API)
Media Sosial
WWW sebagai platform layanan dan interaksi sosial
- Media sosial: kumpulan aplikasi Web 2.0, agar manusia terhubung dan berkolaborasi melalui konten digital.
- Rumah berjaringan nirkabel broadband untuk menghubungkan beberapa perangkat ke Internet dari komputer, tablet, sistem permainan video, dan perangkat streaming video
Penggunaan teknologi sosial untuk bisnis
- Kolaborasi
- Komunikasi dan Keterlibatan dengan Pelanggan (Pemasaran)
- Manajemen Citra dan Reputasi (Humas)
- Komunikasi dan Keterlibatan dengan Karyawan dan Mitra (Pengelolaan)
- Akuisisi dan Perekrutan Bakat (Sumber Daya Manusia)
- Riset dan Manajemen Pengetahuan
- Produktivitas dan Utilitas Informasi
- Penggalangan Dana
Elemen media sosial yang menjadikannya berbeda
- User-generated content (UGC)
- Content control
- Conversation
- Community (common value, culture)
- Categorization (tagging)
- Read people (profiles, username, the human voice vs the corporate “we”)
- Connections (follower, friends, members, etc.)
- Constant updating (real time, dynamic)
- Content separated from form
- Equipment independence
Social network analysis
adalah pemetaan dan pengukuran hubungan dan yang mengalir antara orang, kelompok, organisasi, komputer, atau informasi lain atau entitas pemrosesan pengetahuan
- Visual
- Matematis
- Semantic web
Komunitas online dapat digunakan sebagai platform untuk :
- Menjual barang dan jasa
- Mempromosikan produk kepada calon pelanggan; Misalnya, periklanan
- Mencari calon pelanggan
- Membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan
- Mengidentifikasi persepsi pelanggan dengan "mendengarkan" percakapan
- Meminta ide untuk produk dan layanan baru dari pelanggan
- Memberikan layanan dukungan kepada pelanggan dengan menjawab pertanyaan, menyediakan informasi, dan sebagainya
- Mendorong pelanggan untuk berbagi persepsi positif mereka dengan orang lain; Misalnya, dari mulut ke mulut
- Mengumpulkan informasi tentang pesaing dan persepsi pasar pesaing
- Mengidentifikasi dan berinteraksi dngan calon pemasok, mitra, dan kolaborator
Melibatkan Konsumen Dengan Blog dan Mikroblog
Tujuan Blog
- untuk membangun reputasi dan mempromosikan bisnis, atau menyalurkan hobi menulis
Microblogging
- cara berbagi konten dengan orang-orang secara sederhana misalnya: posting pesan. Contoh : Facebook, Twitter, Tumblr dll..
Posted by 

